Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta Nasional bidang komunikasi yang bediri lebih dari 23 tahun silam ( sejak 17 Januari 1995-sekarang) memiliki empat program studi unggulan (Sarjana/S1 Ilmu Komunikasi, D3 Penyiaran/Broadcasting, D3 Periklanan/Advertising dan D3 Hubungan Masyarakat/Public Relation). Semua program studi Diploma Tiga yang dimiliki STIKOM Yogyakarta telah terakreditasi B (Baik Sekali); bahkan sebelumnya pernah meraih predikat A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).
Program Studi
1. Public Relations
Menciptakan lulusan dengan skill: merancang serta memproduksi company profile (audio, video, dan cetak), media internal dan media interaktif, merancang program hubungan masyarakat (kehumasan), merancang dan melaksanakan riset PR dan pemasaran serta manajemen even (Event Organizing), melaksanakan reportase dan penulisan berita, Public Speaking, Persentasi dan Negoisasi, mampu mengoperasikan alat-alat produksi audio visual dan fotografi.
Bidang Kerja : Public Relations Officer (PRO), Event Organizer (EO), Media Consultant. PR Consultant, Master of Ceremony (MC), Media Relations Technician, Tim Kreatif untuk produksi media (cetak/audio/audio visual), Customer Service Representative, Account Executive, Internet Content Developer.
2. Advertising
Menciptakan Lulusan dengan kompetisi Merancang dan memproduksi iklan TV, radio & cetak, iklan media luar ruang, web design. menulis naskah iklan (copywriter), melaksanakan bina usaha (account executive), media riset, media plan/buyer. Merancang & memproduksi komunkasi visual secara manual maupun digital, tata visual penjualan (visual merchandising), fotografi design. Mengoperasionalkan komputer grafis dan multimedia.
Bidang Kerja : Fotografer, Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, Copywritter, Account Executive, Perancang Media, Marketing Officer, Branding Planner, Web Designer, Packing Desainer, Visual Merchandiser, Web-Visual Content Developer.
3. Broadcasting Radio TV & Film
* Radio, Televisi & Film
Menciptakan lulusan dengan skill: mampu mengoperasikan kamera, terlatih sebagai Floor Director (FD), Editor Video (Film dan Berita), membuat animasi 2D dan 3D, menulis naskah jurnalistik (berita, feature, dan dokumenter). menulis naskah film dan memproduksi program televisi, desain program radio dan televisi.
* Desain program radio dan televisi.
Bidang Kerja : Cameramen, Editor, Penata Suara, Penata Cahaya, Switcherman, Animator, Graphic Designer, Sutradara, Script Writer, Floor Director, Program Director Jurnalis (wartawan) media penyiaran (TV atau radio).
Jalur Pendaftaran
Rincian Biaya Kuliah
3 kali angsuran:
- Tahap I : 50 % dari jumlah kesanggupan dibayarkan bersamaan dengan Herregistrasi.
- Tahap II : 25 % dibayarkan sebelum UTS Semester Gasal TA. 2022/2023
- Tahap III : 25 % dibayarkan sebelum UAS Semester Gasal TA. 2022/2023
BIAYA PERKULIAHAN MAHASISWA TRANSFER/ PINDAHAN
- Biaya kuliah bagi mahasiswa baru jalur transfer/pindahan ke program D3 maupun S1, sama dengan calon mahaiswa baru jalur reguler.
- Khusus bagi lulusan D3 STIKOM Yogyakarta yang melanjutkan studi ke jenjang S1, hanya membayarkan biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) tiap semester sesuai dengan pilihan program studi TOTAL BIAYA PERKULIAHAN MAHASISWA REGULER UKT Tiap semester ditambah SPA sesuai gelombang pendaftaran (satu saja) Biaya Normal SPA sebesar Rp. 10,000,000
- Gelombang I : Potongan 40 % dari jumlah biaya normal SPA.
- Gelombang II : Potongan 30 % dari jumlah biaya normal SPA.
- Gelombang III : Potongan 20 % dari jumlah biaya normal SPA.
- Gelombang IV : Sesuai jumlah biaya normal
S1 ILMU Film KOMUNIKASI 6.000.000 7.000.000 7.000.000
BIAYA PERKULIAHAN D3 HUMAS 5.100.000 5.100.000 5.250.000 6.000.000 6.000.000 D3 PERIKLANAN D3 PENYIARAN 6.000.000 7.000.000 7.000.000 7.000.000
Radio & TV UKT Tiap Semester 5.350.000 8.000.000 10.000.000 8.000.000 8.000.000 8.000.000 8.000.000 10.000.000 10.000.000 10.000.000 10.000.000 B
- Surat pemberitahuan diterima sebagai mahasiswa Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO)
- Bukti Slip Pembayaran registrasi dari BANK BRI
3. Mengisi formulir registrasi dengan huruf kapital, lengkap, tepat serta jelas. (Nama dan Tanggal
lahir harus sama dengan yang tercantum dalam STTB/Ijazah)
4. Memastikan berkas heregistrasi ke dalam map, dilampiri dengan :
- Fc. STTB/Ijazah, SKHUN, Akte Kelahiran (dilegalisir), Kartu Keluarga dan KTP masing-masing
(2 lembar)
- Pas photo 3x4 (16 lembar), 2x3 (2 lembar)
- Surat pernyataan tata tertib AKINDO dan surat pernyataan tidak terlibat kegiatan NAPZA
bermaterai 6000
- Fc Pasport dan Visa bagi calon Mahasiswa Asing (WNA)
5. Bagi Mahasiswa Baru Pindahan/Transfer harus menyertakan Surat Pengunduran Diri/ Pengantar
dari kampus yang bersangkutan dan Transkip Nilai
6. Menyerahkan berkas registrasi ke Bagian Akademik AKINDON paling lambat 1 minggu setelah pengambilan
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa
Baru STIKOM Yogyakarta adalah One
Day Service
One Day Service: Hasil
Pengumuman Langsung Diberitahukan pada Hari yang Sama
Brosur Digital STIKOM
Yogyakarta bisa didownload di sini
SISTEM
ONLINE
1. Klik www.karirkeren.com untuk
mendaftar
2. Membayar biaya
pendaftaran/registrasi sebesar Rp. 100.000,00 ke Bank BRI dengan nomor rekening
0029-01-000891-30-2 a/n Yayasan
Penddikan
Komunikasi Akindo Yogyakarta
3. Mengunggah berkas-berkas
yang diminta
4. Pengumuman diterima di
program studi (pilihan)
5. Melakukan Herregistrasi
6. Segala konfirmasi dari
STIKOM Yogyakarta akan diberitahukan melalui email atau WA Admin
GELOMBANG I
Pendaftaran : 1
Desember 2021 s/d 31 Januari 2022
GELOMBANG
II
Pendaftaran : 1
Februari 2022 s/d 31 Maret 2022
GELOMBANG
III
Pendaftaran : 1
April 2022 s/d 30 Juni 2022
GELOMBANG
IV
Pendaftaran : 1 Juli
2022 s/d 16 September 2022
MAHASISWA
PINDAHAN
1. Surat keterangan Pindah dari kampus lama.
2. Hasil studi yang telah dilegalisir.
3. Bebas Ujian Tulis
Jalur KIP
Kuliah
Persyaratan untuk mendaftar
tahun 2020 adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA atau
bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2020;
2. Lulusan tahun 2019 yang
bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan
mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi; 3. Usia paling tinggi pada
saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara
ekonomi dengan kriteria:
a. Siswa
penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)
atau sejenisnya; atau
b.
Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp
3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi
jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang Tua/Wali
setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik
baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi
untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN
dengan pilihan seleksi masuk:
1) Seleksi Masuk Perguruan
Tinggi Negeri (SNMPTN);
2) Seleksi Bersama Masuk
Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
3) Seleksi mandiri PTN.
b.
Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
c. PTS
sesuai dengan pilihan seleksi masuk.
untuk melihat brosur bisa klik gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar